PENGARUH KETERAMPILAN GURU PPKN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HAKIKAT DEMOKRASI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN AN-NASIR KECAMATAN DOLOK SIGOMPULAN KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Selly Octaviani, NPM 2006100024 (2024) PENGARUH KETERAMPILAN GURU PPKN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HAKIKAT DEMOKRASI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN AN-NASIR KECAMATAN DOLOK SIGOMPULAN KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (851kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh keterampilan guru PPKn menggunakan vidio pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi hakikat demokrasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir Kecamatan Dolok Sigompulan Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen (kelas yang diberi perlakuan). Berdasarkan penyajian hasil analisis data ditemukan bahwa skor rata-rata hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen pada pembelajaran materi hakikat demokrasi sebelum diberikan perlakuan (pretest) adalah sebesar 65,45. Skor tertinggi yang dicapai siswa adalah 85,00 dan skor terendah 55,00. Dengan Distribusi Frekuensi dan Persentase Skor berada pada kategori “sangat rendah”. Hal ini berarti pada umumnya siswa yang menjadi unit penelitian skor pelajaran PKn-nya tergolong sangat rendah. Berdasarkan kriteria ketuntasan individu juga ditemukan sebanyak 20 orang siswa atau 62,5% belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang atau 37,5% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan pada kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan (pretest) di dapatkan nilai rata rata sebesar 66,88. Jumlah siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan individu adalah sebanyak 21 orang atau 65,63%, sedangkan 11 orang atau 34,37% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Setelah guru PKn menggunakan vidio pembelajaran ditemukan data peningkatan hasil belajar siswa pada materi hakikat demokrasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir yaitu: pada kelas eksperimen siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan individu adalah 1 orang atau 3,12%, sedangkan 31 orang atau 96,88% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan pada kelas kontrol siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan individu adalah sebanyak 2 orang atau 6,25%, sedangkan 30 orang atau 93,75% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t juga juga diperoleh thitung>ttabel = 17,998 > 1,6698 sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh positif dan signifikan keterampilan guru PKn menggunakan vidio pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pada materi hakikat demokrasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Vidio Pembelajaran, Hasil Belajar =================================================================================================== The aim of this research is "To find out how the skills of PPKn teachers using learning videos influence student learning outcomes on the nature of democracy in class XI students at An-Nasir Vocational Madrasah Dolok Sigompulan District, North Padang Lawas Regency." The method used in this research is quantitative, data collection uses research instruments, data analysis is quantitative/statistical, with the aim of testing the hypotheses that have been established. This research involved two classes, namely the control class and the experimental class (the treated class). Based on the presentation of the results of data analysis, it was found that the average score of Civics learning outcomes for experimental class students in learning material about the nature of democracy before being given treatment (pretest) was 65.45. The highest score achieved by students is 85.00 and the lowest score is 55.00. With Frequency Distribution and Percentage Scores are in the "very low" category. This means that in general students who are in the research unit have very low scores in Civics lessons. Based on individual completeness criteria, it was also found that 20 students or 62.5% had not met the learning completeness criteria, while 12 people or 37.5% had met the learning completeness criteria of the total number of students. Meanwhile, in the control class before being given treatment (pretest), an average score of 66.88 was obtained. The number of students who did not meet the criteria for individual completeness was 21 people or 65.63%, while 11 people or 34.37% met the criteria for learning completeness out of the total number of students. After the Civics teacher used the learning video, data was found on the increase in student learning outcomes in the material on the nature of democracy for class 96.88% have met the criteria for learning completeness of the total number of students. Meanwhile, in the control class, there were 2 students or 6.25% who did not meet the individual completeness criteria, while 30 people or 93.75% of the total number of students met the learning completeness criteria. The results of hypothesis testing using the t-test also obtained tcount>ttable = 17.998 > 1.6698 so it was concluded that H0 was rejected and H1 was accepted. This means that the hypothesis in this study was accepted. It can be concluded that there is a positive and significant influence on the skills of Civics teachers using learning videos. towards improving learning outcomes on the nature of democracy material for class XI students of An-Nasir Vocational Madrasah Aliyah. Keywords : Teacher Skills, Learning Videos, Learning Results

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Vidio Pembelajaran, Hasil Belajar ================================================ Teacher Skills, Learning Videos, Learning Results
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 21 May 2024 08:17
Last Modified: 21 May 2024 08:17
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item