RIZLI ARDIANSYAH PASARIBU, NPM 2106100001 (2025) PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 BILAH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
![]() |
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (700kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fungsi guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru PPKn dalam mentransmisikan nilai-nilai Pancasila kepada siswa kelas VII di SMPN 2 Bilah Barat. Dalam penelitian ini, lokasi penelitian adalah SMPN 2 Bilah Barat, dan penelitian berlangsung dari Desember 2024 sampai dengan Februari 2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, memanfaatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis 1. Pengumpulan informasi, 2. Minimisasi data, 3. Penyajian data, 4. Pembuatan inferensi. Temuan penelitian tentang fungsi guru PPKn dalam memelihara nilai-nilai Pancasila di SMPN 2 Bilah Barat mengungkapkan bahwa guru berfungsi sebagai demonstrator, fasilitator, dan panutan; mereka mencontohkan nilai-nilai ini kepada siswa. Selain itu, guru juga berperan sebagai orang tua kedua di sekolah, membimbing siswa secara efektif dalam mengembangkan nilai-nilai Pancasila dan membentuk perilaku siswa agar sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Untuk mencapai hal tersebut, guru memerlukan faktor pendukung seperti keterlibatan orang tua, kerja sama dengan pendidik lain, dan sanksi yang tepat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran diri siswa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Kewarganegaraaan, Nilai – nilai Pancasila. ================================================================================================= This study aims to determine the Role of PPKn Teachers in Instilling Pancasila Values and to determine what factors influence the role of PPKn Teachers in instilling Pancasila Values in Grade VII Students at SMPN 2 Bilah Barat. In this study, the place of research was SMPN 2 Bilah Barat, this research began in December 2024 to February 2025. The approach taken in this study was qualitative research with descriptive research methods, while the data collection process used observation, interview and documentation techniques. Data collection techniques carried out by means of observation, interviews, and documentation, then analyzed by applying analysis techniques 1. Data Collection, 2. Data reduction, 3. Data presentation, 4. Interesting conclusions. The results of the study on the role of PPKn teachers in instilling Pancasila values at SMPN 2 Bilah Barat, namely teachers act as demonstrators, facilitators Exemplary teachers, namely being examples for students in instilling Pancasila values. not only that, teachers also play a role as second parents at school, namely guiding students in instilling Pancasila values, which have been carried out well and the formation of student behavior in accordance with Pancasila values, namely by doing according to Pancasila values, teachers must have supporting factors, namely parent factors, teachers, and also sanctions. The inhibiting factor is the lack of self-awareness in students in implementing the values of Pancasila itself. Keywords : Role of Teachers, Civic Education, Pancasila Values.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pendidikan Kewarganegaraaan, Nilai – nilai Pancasila. ================================================== Role of Teachers, Civic Education, Pancasila Values. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 26 May 2025 08:19 |
Last Modified: | 26 May 2025 08:20 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |