ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X IPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 PANAI HULU

MELI ARDITA, NPM 2004300009 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X IPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 PANAI HULU. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minimnya penerapan guru dalam menerapkan literasi sains analisis tentang kemampuan literasi sains siswa kelas X IPA pada pembelajaran biologi. Literasi sains yaitu kemampuan untuk memahami dan menerapkan pengetahuan dasar tentang proses dan konsep ilmiah dalam kehidupan. Literasi sains tidak hanya didefinisikan sebagai kemampuan untuk membaca dan memahami sains, tetapi juga kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip sains. Literasi sains adalah kemampuan seseorang untuk memahami sains dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi sains sangat dibutuhkan oleh siswa pada era saat ini. Literasi sains dapat erat kaitannya dengan pembelajaran biologi perkembangan kemampuan literasi sains siswa tidak hanya dipengaruhi oleh model pembelajaran, namun juga bahan terbuka. Namun pada kenyataannya, buku teks yang digunakan di sekolah belum mendukung untuk mengembangkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan melibatkan guru biologi kelas X dan siswa/siswi kelas X. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumetasi terkait literasi sains siswa. Berdasarkan pengumpulan data, pada penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai sampel. Kemampuan literasi sains siswa memiliki beberapa faktor yang dapat dinilai, yaitu sikap ilmiah rasa ingin tahu, sikap ilmiah berpikir kritis, sikap ilmiah percaya diri, berpikir terbuka, interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat, pengetahuan sains, penyelidik tentang sains, dan gerakan literasi sekolah . Berdasarkan hasil analisis pada kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi SMA Negeri 1 Panai Hulu, menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Panai Hulu tergolong sangat baik. Kata Kunci : Analisi Literasi Sains, Kemampuan Literasi Sains, Pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisi Literasi Sains, Kemampuan Literasi Sains, Pembelajaran Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:43
Last Modified: 23 Sep 2024 03:43
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item