MELI ARDITA, NPM 2004300009 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X IPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 PANAI HULU. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (650kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (668kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minimnya penerapan guru dalam menerapkan literasi sains analisis tentang kemampuan literasi sains siswa kelas X IPA pada pembelajaran biologi. Literasi sains yaitu kemampuan untuk memahami dan menerapkan pengetahuan dasar tentang proses dan konsep ilmiah dalam kehidupan. Literasi sains tidak hanya didefinisikan sebagai kemampuan untuk membaca dan memahami sains, tetapi juga kemampuan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip sains. Literasi sains adalah kemampuan seseorang untuk memahami sains dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi sains sangat dibutuhkan oleh siswa pada era saat ini. Literasi sains dapat erat kaitannya dengan pembelajaran biologi perkembangan kemampuan literasi sains siswa tidak hanya dipengaruhi oleh model pembelajaran, namun juga bahan terbuka. Namun pada kenyataannya, buku teks yang digunakan di sekolah belum mendukung untuk mengembangkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan melibatkan guru biologi kelas X dan siswa/siswi kelas X. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumetasi terkait literasi sains siswa. Berdasarkan pengumpulan data, pada penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai sampel. Kemampuan literasi sains siswa memiliki beberapa faktor yang dapat dinilai, yaitu sikap ilmiah rasa ingin tahu, sikap ilmiah berpikir kritis, sikap ilmiah percaya diri, berpikir terbuka, interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat, pengetahuan sains, penyelidik tentang sains, dan gerakan literasi sekolah . Berdasarkan hasil analisis pada kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi SMA Negeri 1 Panai Hulu, menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Panai Hulu tergolong sangat baik. Kata Kunci : Analisi Literasi Sains, Kemampuan Literasi Sains, Pembelajaran Biologi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisi Literasi Sains, Kemampuan Literasi Sains, Pembelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:43 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:43 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1138 |
Actions (login required)
View Item |